Askep Batu Empedu

Penyakit batu empedu yang kebanyakan melanda para wanita dibanding pria. Di negara Amerika, Eropa dan Kanada hampir 20 % dari total populasi penduduk di negara masing-masing diketahui memiliki resiko penyakit batu empedu.


Batu empedu memiliki tipe atau 2 jenis batu empedu yang sebagian besar dibentuk akibat kadar kolesterol yang tinggi, seperti :

1. Batu-batu empedu kolesterol

Batu empedu kolesterol terbuat dari bahan utama yakni kolesterol yang berada dalam tubuh dan merupakan pembentuk batu empedu yang sering ditemui, karena hampir kurang lebih 80 % kolesterol berlebih yang dalam tubuh membentuk batu empedu dan paling banyak terjadi pada wanita Eropa dan Amerika yang juga didasari oleh gaya hidup dan konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.

Kolesterol yang merupakan suatu senyawa yang dikeluarkan oleh sel-sel hati kedalam empedu. Dikeluarkannya kolesterol dengan alasan sebagai cara penting untuk melindungi organ hati dan mengurangi dari kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

Organ hati juga mengeluarkan 2 bahan pembersih atau detergen yakni asam-asam empedu dan lecithin kedalam empedu. Apabila organ hati terlalu banyak mengeluarkan kolesterol untuk jumlah asam-asam empedu dan lecithin yang ia keluarkan dan beberapa kolesterol tidak akan dengan mudah larut begitu saja. Sama halnya jika organ hati tidak cukup untuk memproduksi dan mengeluarkan asam-asam empedu dan lecithin, maka kolesterol juga tidak akan larut.

Kolesterol yang tidak larut kemudian akan menempel secara bersamaan dan kemudian membentuk partikel-partikel kolesterol yang tumbuh dalam ukurannya dan akhirnya akan membentuk batu-batu empedu yang lebih besar.

2. Batu-batu empedu pigmen

Batu empedu pigmen merupakan jenis batu empedu yang paling umum setelah batu kolesterol. Kontribusi batu pigmen ini terbentuk hanya 15 % saja. Batu pigmen juga terbagi menjadi 2 bagian, yakni batu empedu pigmen hitam dan batu empedu pigmen cokelat.

Pigmen adalah suatu sisa pembuangan yang diperoleh dari hemoglobin yakni bahan kimia yang membawa oksigen dalam sel-sel darah merah. Hemoglobin dari sel-sel darah merah yang tua yang dihancurkan dan dirubah dalam bentuk suatu bahan kimia yang disebut dengan bilirubin dan dilepaskan kedalam darah.

Bilirubin yang dikeluarkan oleh tubuh yang berasal dari hati, kemudian organ hal memodifikasi bilirubin dan mengeluarkan bilirubin yang kedalam empedu.

a. Batu-batu empedu hitam

Apabila kadar bilirubin terlalu banyak dalam empedu dan bilirubin berkonjungsi dengan kalsium dan membentuk pigmen (berwarna cokelat tua). Pigmen yang larut secara buruk dalam empedu seperti halnya kolesterol yang tidak mudah larut kemudian akan menempel secara bersama-sama dan membentuk partikel dalam ukuran yang berbeda kemudian akan membentuk batu empedu. Kemudian batu-batu pigmen ini akan mulai mengubah warna menjadi hitam dan keras.

b. Batu-batu empedu cokelat

Batu empedu cokelat terbentuk akibat bakteri-bakteri yang mulai merambah masuk yang berasal dari usus 12 belasa jari, kemudian masuk kedalam saluran-saluran empedu dan kantung empedu dan bilirubin yang telah diubah bergabung dengan kalsium membentuk pigmen.

Kemudian pigmen akan bergabung dengan lemak-lemak dalam empedu (kolesterol dan asam-asam lemak dari lecithin) yang kemudian membentuk partikel yang menyusun terbentuknya batu empedu. Tipe batu yang demikian disebut dengan batu empedu cokelat. Sifat dari batu empedu cokelat ingin lebih lembut dibanding dengan batu empedu hitam yang keras.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Batu Empedu, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batu Empedu and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>