Bahaya Batu Empedu

Biliary colic merupakan gejala yang paling umum dari batu-batu empedu, namun gejala dari biliary colic dapat hilang dengan sendirinya. Penyakit apapun pastinya menimbulkan faktor resiko terhadap timbulnya penyakit lain. Tak terkecuali bagi penyakit batu empedu ini yang juga memiliki faktor resiko penyakit komplikasi, seperti :

1. Cholecystitis

Cholecystitis yang merupakan penyakit peradangan dari kantung empedu. Cholecystitis sama halnya dengan biliary colic yang juga disebabkan oleh halangan atau adanya hambatan yang datang tiba-tiba dari saluran-saluran oleh suatu batu empedu yang biasanya disebut dengan saluran cystic.

Gejala yang dirasakan dari Cholecystitis ini adalah rasa sakit atau nyeri yang begitu hebat dirasakan pada bagian perut kanan atas. Peradangan yang mulai meluas melalui dinding kantung empedu dan perut kanan bagian atas menjadi sangat sensitif apabila mendapat penekanan atau perut ditepuk.

Seseorang yang mengalami komplikasi batu empedu ini cenderung lebih banyak terbaring diam tidak mampu bergerak, terkadang disertai demam, peningkatan jumlah sel darah putih yang kemudian mengalami peradangan dan infeksi.

Pengobatan yang paling sering dilakukan adalah dengan pemberian obat antibiotik penghilang rasa sakit yang akan hilang dalam kurun waktu beberapa hari.

2. Cholangitis

Cholangitis yakni suatu keadaan dimana empedu didalam saluran-saluran common, hepatik dan intrahepatik akan mengalami infeksi. Infeksi ini akan mulai menyebar pada saluran-saluran di dinding usus kecil setelah saluran empedu terhalang oleh batu empedu. Gejala yang terjadi apabila seseorang mengalami komplikasi batu empedu Cholangitis sama dengan gejala pada cholecystitis.

3. Gangrene

Gangrene dari kantung empedu terjadi karena peradangan yang diakibatkan dari cholecystitis yang memutuskan penyediaan darah ke kantung empedu. Tanpa pasokan darah yang cukup jaringan-jaringan yang ada di dalam dinding kantung empedu akan mati. Fatalnya yang akan terjadi adalah infeksi ini akan merobek dan memecahkan kantung empedu.

4. Jaundice

Jaundice merupakan suatu kondisi dimana bilirubin terakumulasi di dalam tubuh.

Bilirubin yang berwarna hitam kecokelatan namun kuning tidak pekat. Apabila bilirubin semakin meningkatkan jumlahnya maka akan terjadi penumpukan dalam tubuh yang dapat merubah pigmen atau warna kulit menjadi kuning sama halnya dengan penyebab dari hepatitis.

Jaundice terjadi akibat saluran empedu yang mengalami sumbatan karena adanya batu empedu di sepanjang saluran empedu dan kemungkinan adanya tumor-tumor yang terjadi di sepanjang saluran empedu atau jaringan sekelilingnya yang saling berkontribusi dengan batu empedu.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Batu Empedu, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batu Empedu and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>